Kasus yang sedang marak terdengar belakangan ini adalah kisah seorang pramugari salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang diperlakukan secara kasar oleh salah satu pejabat di dalam pesawat. Uniknya, kasus ini terjadi karena sang pejabat merasa kesal karena mendapatkan teguran dari pramugari karena menelepon selagi di pesawat. Apa sih yang sebenarnya yang membahayakan dari menelepon selagi berada di dalam pesawat?

Gelombang radio yang dihasilkan oleh pesawat dan gadgetmu memiliki frekuensi yang sama sehingga saat kamu mengaktifkan gadgetmu, gelombang radio yang dihasilkannya dapat mengacaukan gelombang radio pada pesawat yang digunakan untuk komunikasi pilot pada saat menerbangkan pesawat. Meskipun Kamu tidak menggunakan gadgetmu untuk berkomunikasi, mengaktifkan gadget selagi berada di dalam pesawat tetap tidak diperbolehkan karena gadgetmu akan sulit mendapatkan sinyal ketika berada di ketinggian 10km diatas permukaan bumi. Selama pesawat melakukan penerbangan, gadgetmu akan kesulitan mendapat sinyal sehingga gadget akan terus menerus memancarkan gelombang radionya untuk mencari sinyal dan hal tersebut  sangat mengganggu alat komunikasi pilot pada kokpit pesawat.

Namun saat ini ada cara yang diklaim aman agar kamu tetap dapat menggunakan gadgetmu ketika berada di dalam pesawat yaitu dengan mengaktifkan profil flight mode yang ada di gadgetmu. Flight mode berfungsi untuk menonaktifkan pemancar yang ada pada gadgetmu sehingga kamu tetap dapat menggunakan gadget untuk bermain dan mengatasi kebosanan selama berada di dalam pesawat.

Namun ternyata, flight mode yang diklaim aman ini ternyata memiliki kontroversi sehingga berbagai maskapai penerbangan tetap tidak mengizinkan penumpang untuk mengaktifkan gadgetnya. Pemancar gelombang pada gadget ternyata bukan satu-satunya penyebab gangguan yang terjadi pada sistem elektronik dan komunikasi pada pesawat. Clock atau pewaktu internal yang ada pada gadget yang aktif juga menjadi pengganggu sistem elektronik pada pesawat. Benda-benda elektronik seperti handphone, laptop, netbook, MP3 player, portable console game dan kamera masa kini memiliki clock (pewaktu internal) sehingga para penumpang sangat disarankan untuk menonaktifkan semua benda tersebut.

Banyak sekali hal yang dapat terjadi jika sistem elektronik dan komunikasi pada pesawat terganggu. Kekacauan sistem autopilot pada pesawat, gangguan sistem kendali, miss communication antara pilot dan operator dapat menyebabkan kecelakaan pesawat yang fatal dan berakibat meregangnya banyak nyawa. Jangankan menelepon, bahkan seluruh perangkat gadget wajib dinonaktifkan selagi di pesawat terbang.

Masih berminat untuk mengaktifkan gagdetmu di atas pesawat terbang?

sumber gambar : idownload.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
A dissident who searching for her Exodus • Drunken bouquet catcher w/ heels • Social Media Alienist @StellarNull