Seperti yang Gadgeteers ketahui, di tahun 2017 ini, Nokia 3310 bangkit dari kubur. Ponsel yang begitu berjaya pada masanya tersebut hadir kembali dengan tampilan yang lebih segar dan modern. Nokia 3310 (2017) tersebut diperkenalkan pada sebuah gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol.

nokia-3310cbsistatic.com

Pada gelaran MWC itu, HMD Global, perusahaan pemilik lisensi Nokia tersebut tidak hanya memperkenalkan satu ponsel saja. Dibarengi bersamaan kehadiran baru dari Nokia 5 dan Nokia 3, serta kehadiran Nokia 6 yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Tiongkok. Namun ternyata, sang legenda mencuri sorotan publik. Perkenalan dari kebangkitan kembali Nokia 3310 itu banyak membuat orang cukup pensaran.

Pada akhirnya, jelas sudah, ponsel legenda tersebut mendapatkan perbaikan visual tanpa melepaskan ikon klasik dengan desain sederhana, permainan Snake, dan baterai yang tahan selama 1 bulan (stand-by mode).

Tentunya, dibalik peluncuran tersebut, terbesit sebuah pertanyaan. Apakah ponsel Nokia terbaru tersebut bakal hadir di tanah air? Jawabannya adalah, kemungkinan hadir. Walaupun pihak HMD Global belum mau memberikan kepastian apakah perangkat Nokia terbaru tersebut akan diuji di Indonesia atau tidak, namun HMD Global sebelumnya telah memberikan statement bahwa perusahaan tersebut bakal masuk ke Indonesia dan beroperasi di tanah air ini.

Statement tersebut dikatakan langsung oleh Flann Gao, selaku Communications Director dari HMD Global. Ia mengatakan, bahwa sebenarnya sekarang HMD Global sedang mengurus segala perizinan untuk beroperasi, mereka sedang membentuk tim dan agensi di Indonesia ini. Kalau memang benar begitu, sepertinya hanya masalah waktu saja.

Screenshot-38nokiamob.net

Terlepas dari itu, Nokia sendiri merupakan salah satu perusahaan yang pernah berjaya di Indonesia. Dengan seiring berlalunya waktu, kejayaannya pun mulai direbut oleh Apple dan Android. Saat ini, pemegang beban berat untuk mengembalikan kejayaan Nokia tersebut dipikul oleh dua perusahaan yang bekerja saling berkesinambungan yakni FIH Mobile dan HMD Global. FIH Mobile sendiri merupakan anak perusahaan raksasa perakit smartphone Foxconn.

Dalam bekerja untuk membangkitkan kembali Nokia, HMD Global dan FIH membagi peran masing-masing. Dalam hal ini, HMD Global bertugas merancang. Sementara produksinya diserahkan ke FIH.

via Tekno.Kompas.com
featured image via cnet.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com