Saat ini, smartphone merupakan salah satu bentuk kecanggihan teknologi yang sudah tak terpisahkan dari manusia. Berbagai fitur canggih yang ditawarkan smartphone membuat kehidupan mobile Gadgeteers menjadi lebih mudah. Mulai dari bertukar informasi dan mengirim data melalui email, berinteraksi melalui media sosial, hingga mengatur jadwal dan pengingat (reminder). Kehilangan smartphone merupakan salah satu bencana yang bisa menimpa siapa saja. Kegiatan Gadgeteers pun bisa sangat terganggu dengan kejadian ini. Berikut beberapa hal menurut @GadgetGaul yang harus dilakukan ketika Gadgeteers kehilangan smartphone :

1) Laporkan kejadian kepada petugas keamanan terdekat
Ketika Gadgeteers sadar bahwa smartphonenya benar-benar hilang, segera laporkan pada petugas keamanan di sekitar tempat Gadgeteers kehilangan smartphonenya.

2) Mencoba melacak keberadaan smartphone
Tanya pada teman atau cari informasi melalui internet bagaimana cara malacak smartphone yang hilang karena setiap smartphone memiliki cara pelacakan yang berbeda.

3) Kabari keluarga, teman dekat dan rekan kerja Gadgeteers
Segera hubungi keluarga, teman dekat dan rekan kerja Anda bahwa saat ini smartphone Anda hilang. Hal ini dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya tindak penipuan yang digunakan atas nama Anda.

4) Segera ganti seluruh password
Ganti seluruh password akun yang dapat diakses melalui smartphone tersebut. Mulai dari  email, sosial media dan berbagai akun lainnya agar tidak disalahgunakan.

5) Hubungi atau datangi salah satu kantor cabang operator seluler yang Gadgeteers gunakan dalam smartphone tersebut
Datangi cabang / hubungi customer service operator seluler untuk mencoba melacak keberadaan  smartphone Anda. Jika menurut Gadgeteers sudah tidak memungkinkan, blokir nomor pada  kartu tersebut dan sediakan kartu pengganti dengan nomor yang sama. Tanyakan juga bagaimana cara mengembalikan kontak dalam smartphone Anda.

6) Menonaktifkan smartphone
Cobalah untuk mengecek di situs resmi smartphone Anda bagaimana cara menonaktifkan  smartphone yang hilang agar tidak dapat lagi digunakan oleh yang mengambil/menemukan.

Selain 6 hal diatas, Anda juga bisa memulai dari merapihkan data-data penting dalam smartphone Gadgeteers dan simpan dalam email, sehingga seluruh data penting dapat diakses kembali disaat  darurat. Anda juga bisa melakukan backup data yang ada di dalam memory card smartphone setidaknya 1x seminggu agar data penting dapat tetap terjaga. Sayangi dan terus jaga smartphone Anda agar tidak hilang.

featured image via dumpaday.com

YenieYenie-GadgetGaul
Mahasiswi semester akhir jurusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi periklanan di Universitas Tarumanagara yang menekuni bidang periklanan dan bidang komunikasi, khususnya media sosial. Kamu bisa follow Twitter penulis di @vichelyna

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.