Perkembangan teknologi di era yang serba modern ini dapat dikatakan terjadi setiap tahunnya bahkan malah setiap bulannya. Perkembangan tersebut akhirnya memunculkan teknologi baru dan mengganti teknologi yang lama.

Nah, hanya saja ternyata tidak semua teknologi yang baru tersebut menggantikan teknologi yang lama, malah sampai sekarang faktanya masih ada teknologi jadul yang sampai sekarang masih digunakan. Apa saja teknologi jadul tersebut?

1. Mesin Fax

Mesin Faxtokopedia.net

Gadgeteers pasti tidak asing lagi dengan mesin fax. Nah, menariknya sampai sekarang mesin fax masih digunakan dibanyak perusahaan maupun instansi, tidak hanya di luar negeri seperti Amerika, di Indonesia pun rasanya mesin fax masih ada yang menggunakan. Lantas apa yang membuat mesin fax masih digunakan sampai sekarang? Mungkin karena mesin fax itu lebih aman ketimbang menggunakan teknologi modern era sekarang.

2. Windows XP, Windows 98, Windows 95

Windows XPzdn4.net

Siapa di sini yang masih menggunakan Windows XP? Tentunya masih ada. Walaupun sekarang Windows sudah sampai versi 10, di luar sana masih banyak orang yang menggunakan Windows jadul seperti XP malah ada juga Windows 98, dan 95. Bahkan menariknya, konon perusahaan sekelas Pentagon masih menggunakan Windows jadul sebagai system operasinya.

3. Ponsel Feature (Contoh: Nokia 8210)

Ponseltstatic.net

Dengan hadirnya ponsel berbasis Android maupun iPhone, ponsel tahan banting seperti contohnya Nokia 8210 mulai banyak ditinggalkan. Kendati banyak ditinggalkan, bukan berarti ponsel feature layaknya Nokia 8210 tadi benar-benar mati. Di luar sana masih banyak pengguna ponsel feature layaknya Nokia 8210 tadi.

4. Pager

Pagerliputan6.com

Ada teknologi yang lebih jadul lagi daripada ponsel, yakni Pager. Walaupun teknologi seperti Pager ini terpaut cukup jauh, tapi nyatanya masih ada orang yang menggunakannya. Menurut The Guardian, di Inggris Pager masih digunakan oleh beberapa kalangan yah walaupun sudah jadul, masih ada kok keuntungan yang dapat diperoleh dengan teknologi ini. Seperti desainnya yang kokoh dan baterainya yang tahan lama.

5. Intel Pentium

Intel Pentiumdarrelghazy.com

Berhubungan dengan poin ke-2 tadi, pastinya karena Windows-nya tidak menggunakan Windows terbaru maka pasti prosesornya pun masih tergolong yang jadul. Di luar sana memang masih banyak orang yang menggunakan Intel Pentium walau tidak banyak dan oleh karenanya Gadgeteers tidak boleh meremehkan Intel Pentium ini, pasalnya ternyata apabila sudah berhubungan dengan luar angkasa, Intel Pentium dapat menjadi sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh.

featured image via duta.co
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com

Latest posts by Zaky Islami (see all)