Tahun 2012 sebentar lagi akan berakhir. Bagi sebagian gadgeteers, penghujung tahun ini mungkin adalah saat yang tepat untuk membeli ponsel. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti harga-harga dari beberapa ponsel ternama yang sudah mulai relatif stabil, sudah terlihatnya beberapa cacatpada ponsel ternama itu dan munculnya perbaikan untuk cacat tersebut (karena sudah rilis beberapa waktu lamanya) dan biasanya para gadgeteers sudah mendapatkan bonus akhir tahun bukan?

Lalu ponsel apa sih yang layak kita beli untuk mengganti ponsel lama kita? Penulis coba memberikan beberapa rekomendasi ponselkeluaran tahun 2012 untuk para pembaca setia GadgetGaul.com Penilaian penulis didasarkan pada price-performance, build-quality, layanan purna jual dan ketersediaan stok di pasar Indonesia.

  1. Samsung Galaxy S III

Samsung Galaxy S3 GadgetGaul.com

Mungkin beberapa gadgeteers sudah menebak bahwa ponselkeluaran Samsung ini akan menduduki peringkat 1 dalam rekomendasi penulis. Jika kita melihat penjualannya di dunia yang melewati angka 30 juta unit, sepertinya tidak berlebihan jika penulis menempatkannya di posisi puncak.

Spesifikasi yang sangat mumpuni seperti penggunaan layar 4,8” Super AMOLED 720×1280 dengan tingkat kerapatan pixel sebesar 306ppi, prosesor quad-core 1.4GHz chipset Exynos 4412 dengan gpu Mali-400MP, RAM 1GB, pilihan kapasitas penyimpanan internal 16GB dan 64GB (untuk pasar Indonesia) serta tersedianya slot memory external membuat ponselini memiliki performa yang sangat baik dan berbagai fitur yang lengkap.

Kamera 8 megapixelnya pun merupakan salah satu kamera ponsel terbaik saat ini. Sistem operasinya pun sudah dapat diupdate hingga Jelly Bean 4.1.2. Jika belum puas, custom ROM nya pun bertebaran banyak. Dengan harga retail sebesar Rp6.499.000 (16GB) dan Rp6.999.000 (64GB), sepertinya Galaxy S III cukup menguras kantong. Namun apa yang kita bayarkan sebanding dengan apa yang kita dapatkan mengingat Samsung memiliki jaringan layanan purna jual yang relatif luas dan harga jual kembali yang tinggi.

  1. HTC One X+

HTC-One-X+-GadgetGaul

Ponsel terbaru keluaran HTC ini merupakan versi upgrade dari One X yang sudah keluar beberapa waktu sebelumnya. Spesifikasi One X+ tidak jauh berbeda dengan pendahulunya namun dengan sedikit perubahan seperti prosesor quadcore 1.7GHz (One X 1.5GHz) platform NvidiaTegra 3 dengan GPU ULP Ge-Force 2, RAM 1GB, internal storage 64GB. Layar SuperLCD2 4,7” 720×1280 dengan tingkat kerapatan pixel sebesar 312ppi nya lebih nyaman untuk dipandang di mata menurut penulis dibandingkan dengan layar Super AMOLED Samsung.

Ponselini sangat cocok untuk memainkan beberapa judul games yang berembel-embel Tegra Enabled (memiliki grafis yang lebih baik dengan lebih banyak efek). Kemampuan kamera 8 megapixelnya pun patut diacungi jempol, dengan aperture f/2.0 membuat One X+ dapat menangkap cahaya lebih baik. Build qualitynya pun penulis akui lebih baik jika dibandingkan dengan Galaxy S III. Sama seperti Galaxy SIII, saat ini One X+ menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.1.2 dengan pilihan custom ROM yang cukup banyak.

Tidak tersedianya slot memory external dan un-removeable battery (karena desainnya yang unibody) menjadi kelemahan terbesarnya (setidaknya, menurut pendapat pribadi penulis). Harga jual kembalinya di Indonesia yang tidak terlalu baik (mungkin karena merk yang kurang familiar di masyarakat Indonesia) serta jaringan layanan purna jual yang tidak seluas kompetitornya juga turut menjadi faktor mengapa penulis lebih memilih Galaxy S III. Namun, dengan label harga Rp6.599.000 penulis rasa ponsel asal Taiwan ini layak untuk dilirik.

  1. Lenovo Lephone K860

Lenovo-K860-GadgetGaul

Ponsel buatan salah satu vendor laptopdan PC terbesar di dunia ini merupakan bahan pembicaraan yang hangat di forum-forum lokal maupun internasional. Bagaimana tidak, dengan spesifikasi yang bisa dibilang mirip dengan Samsung Galaxy S III (dengan beberapa perbedaan) dan build quality sebaik HTC One X+ smartphone ini hanya dibanderol dengan harga Rp4.299.000 saja!

Dengan harga yang hanya lebih kurang 70% dari harga Galaxy S III maupun One X+, kita sudah mendapatkan prosesor quad core 1.4GHz platform Exynos 4412 dengan gpu Mali-MP400, RAM sebesar 1GB, memory internal 8GB, dan tersedianya slot memory external. Kamera 8 megapixelnya pun dapat menghasilkan foto yang cukup bagus.Layar IPS LCD beresolusi 720×1280 dengan kerapatan pixel 294ppi berukuran 5.0” sangat lega untuk dipandang.

Kekurangan dari ponselini hanya dari ketidaktersediaan kompas digital (penulis juga yakin kita jarang sekali memakai fitur ini).Untuk urusan layanan purna jualnyadipegang oleh Global Teleshop, selaku distributor resmi dari ponsel Lenovo.

  1. Apple iPhone 5

iPhone-5-GadgetGaul

Penulis melihat iPhone 5 ini merupakan sebuah produk “yang belum matang”. Secara spesifikasi, iPhone 5 ini terlihat mumpuni namun menurut penulis tidak banyak inovasi yang dilakukan oleh Apple, tidak seperti mereka meluncurkan iPhone seri sebelumnya seperti 3GS, 4, dan 4S.

Sepeninggalan Steve Jobs tampak seperti Apple lebih mengejar profit dibandingkan dengan keunikan produknya yang selama ini menjadi senjata utama. Dengan peluncuran iPhone 5 dan iPad 4 (padahal iPad 3 diluncurkan belum lama lho!) terlihat bahwa Apple ingin mengejar dan menyaingi rival utamanya, Samsung. Di luar dari semua itu, tetap iPhone generasi terbaru ini merupakan iPhone dengan spesifikasi yang paling bagus. Layar 4.0” retina displaynya beresolusi sebesar 640×1136 dengan tingkat kerapatan pixel 326ppi sangat indah untuk dipandang mata.

Performa prosesor dual core 1.2GHz dari platform Apple A6 dengan gpu PowerVR SGX 543MP3 terbilang sangat mumpuni. Dengan build quality yang baik serta ekosistem dari aplikasinya di App Store yang saat ini masih lebih oke dibandingkan Play Store, tentu saja iPhone 5 masih patut layak untuk dibeli.

Namun jangan kaget melihat harganya, Rp7.999.000 untuk versi 16GB, Rp8.999.000 untuk versi 32GB dan Rp9.999.000 untuk versi 64GB. Seperti biasa, Apple memang terkenal overpriced. Mengutip kata-kata dari para fanboy Apple, “harganya sesuai dengan kualitas barangnya, pengoperasian mudah dengan sistem operasi yang stabil”. Namun demikian, penulis pribadi lebih menyarankan untuk melirik iPhone 4S saja yang secara price performance lebih baikdari iPhone 5 ini, apalagi harganya sekarang juga sudah turun.

  1. Nokia Lumia 920

Nokia-Lumia-920-GadgetGaul

Mantan rajanya telepon selular ini berusaha melakukan comeback dengan meluncurkan Lumia 920. Ponsel Windows Phone 8 ini berhasil mencuri perhatian banyak orang, terbukti dari ludesnya stok pre-order di beberapa tempat penjualan. Spesifikasi dari Lumia 920 terlihat mumpuni, dengan prosesor dual core 1.5GHz Krait platform Qualcomm MSM8960 Snapdragon dengan gpu Adreno 225. Kamera 8 megapixel yang disematkan embel-embel PureViewnya pun terlihat memuaskan (walau masih di bawah S III, One X+, atau iPhone 5 menurut beberapa review).

Ada sebuah fitur unik, yakni wireless charging. Kita hanya perlu meletakkan Lumia 920 di atas charging pad untuk mengecasnya. Sayangnya, harganya terbilang cukup overpriced, yakni Rp5.999.000 (harga pre-order Rp4.999.000). Apalagi, pilihan aplikasi di Marketplace bisa dibilang masih kalah jauh dibandingkan Play Store maupun App Store.Namun, Nokia Lumia 920 merupakan ponsel Windows Phone 8 terbaik saat ini dan tentunya layak untuk dijadikan pilihan bagi para gadgeteers yang ingin menyicipi sistem operasi besutan Microsoft tersebut.

         Demikian 5 ponsel favorit penulis yang di penghujung tahun 2012. Penilaian penulis berdasarkan dengan mencoba beberapa dari ponseldi atas (tidak me-review) dan dengan membaca beberapa review dan komparasi dari beberapa blog teknologi ternama dunia. Tentu saja gadgeteers dapat memilih ponsel lain yang mungkin tidak masuk ke rekomendasi penulis. Ada baiknya sebelum membeli kita mengecek apakah ponsel yang ingin kita beli termasuk layak dibeli atau tidak. Kita dapat mengecek reviewnya terlebih dahulu atau berdiskusi dengan pengguna dari ponselyang ingin kita beli di forum-forum lokal maupun internasional. Selamat berbelanja, gadgeteers!

Askar JuaraAskar-Juara-GadgetGaul
Mahasiswa jurusan Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Indonesia. Memiliki minat dalam bidang teknologi informasi, khususnya di perkembangan komputer dan gadget. Penulis juga aktif di subforum Hardware Computer di forum Kaskus. Kamu bisa follow Twitter penulis di @juarazr

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.