Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Sebagian besar masyarakat kota-kota besar, khususnya sekitaran Jabodetabek, seperti biasa akan melakukan ritual pulang ke kampung halaman atau biasa disebut dengan mudik. Mereka biasanya mudik dengan menggunakan kendaraan massal seperti bus, kapal laut, ataupun pesawat terbang.

Namun tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi untuk pulang mudik. Apalagi jika jarak kampung halamannya tidak terlalu jauh atau masih berada di pulau yang sama. Nah, apakah gadgeteers termasuk orang yang pulang mudik? Jika ya, sebaiknya gadgeteers mempersiapkan hal-hal berikut:

1. Isi penuh baterai gadget

iphone-battery-life

Perjalanan mudik rata-rata adalah perjalanan yang jauh dan panjang, kecuali gadgeteers menggunakan pesawat terbang yang memiliki waktu tempuh cepat (di bawah 3 jam). Belum lagi jika gadgeteers terjebak kemacetan jalur pantura yang biasanya dapat membuat emosi meluap-luap. Untuk itu, jangan lupa untuk mengisi penuh baterai gadgetmu. Kemungkinan besar gadgeteers akan sering menggunakan gadget. Baik untuk mendengarkan musik, menonton video/film, bermain games, ataupun sekedar bercengkrama di media sosial. Lumayan kan kalau jalanan mudik sedang “parkir gratis” gadgeteers dapat mengusir kebosanan dengan gadget yang Anda miliki? 😉

2. Jangan lupa bawa charger dan powerbank

power-bank

Kejebak macet asyiknya memang mainan gadget. Tapi apa yang gadgeteers lakukan jika tiba-tiba baterai gadgetmu habis di tengah perjalanan mudik? Nah, untuk itu sebaiknya gadgeteers mempersiapkan powerbank. Sehingga ketika di tengah perjalanan mudik yang sangat lama dan jauh itu Anda tetap bisa mengisi baterai gadgetmu. Alternatif lain gadgeteers juga bisa menggunakan car charger. Jangan lupa untuk mengisi seluruh baterai gadget dan powerbank  ketika gadgeteers sedang beristirahat di tempat peristirahatan.

3. Simpan nomor telepon penting

YellowPagesSlider

Hal ini seringkali dilupakan oleh banyak orang. Padahal, kita tidak akan tahu apa saja yang bisa terjadi di tengah perjalanan menuju kampung halaman. Sebaiknya gadgeteers menyimpan nomor telepon penting (seperti nomor polisi, rumah sakit, ambulans, derek) untuk berjaga-jaga. Jangan lupa cari informasi mengenai posko-posko darurat yang ada di rute mudik yang akan dilewati. Selain menyimpannya di ponsel, sebaiknya catat juga di buku memo sehingga ketika ponsel gadgeteers sedang tidak berfungsi normal atau kehabisan baterai, gadgeteers dapat menghubunginya dengan meminjam ponsel orang lain ataupun telepon umum.

4. Cek kendaraan pribadi dan juga kesehatan Anda

toyota-innova2012

Selain hal-hal yang berhubungan dengan gadget, kamu juga wajib memperhatikan unsur yang terpenting ketika gadgeteers ingin melakukan perjalanan mudik, yakni kesehatan. Jika gadgetees sedang kurang sehat ataupun sakit, jangan paksakan diri untuk melakukan perjalanan jauh. Selain dapat merugikan diri sendiri (sakitnya tambah parah), gadgeteers juga dapat membuat repot orang lain. Bagi pemudik yang ingin melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, sebaiknya cek secara keseluruhan kendaraan yang akan gadgeteers gunakan. Hal ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (seperti kerusakan mesin, mogok, ataupun kecelakaan) di tengah perjalanan mudik.

5. Ingat untuk tidak gunakan ponsel/tablet saat mengendarai mobil /sepeda motor

The Dangers of Texting While Driving

Pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, sesuai UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas pasal 283, diancam dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda maksimal Rp750.000. Sebagian dari kita mungkin baru akan peduli dengan undang-undang tersebut saat melihat polisi di sekitar kendaraan kita. Tahukah gadgeteers bahwa setiap hari sekitar 3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan di Jakarta berarti selama setahun sekitar 1.000 orang? Data kepolisian pada tahun 2010 menyebutkan 30% kecelakaan lalu lintas Jakarta disebabkan menggunakan ponsel.

Jika gadgeteers tidak peduli dengan undang-undang, setidaknya kita peduli dengan keselamatan nyawa keluarga atau teman yang dibawa mudik yang jauh lebih penting dibandingkan dengan sekadar balas sms/chat, teleponan, foto-foto dengan kamera ponsel atau nyetel musik favorit. Kalau gadgeteers merasa perlu melakukan/menerima panggilan telepon penting atau membalas SMS, stop dahulu mobil atau sepeda motor di tepi jalan, rumah makan atau rest area di dekat lokasi tersebut.

Gambar via ryukostyle.com, bindapple.com, housedemocrats.wa.gov, diporental.com, hadirentcar.com, portal.paseban.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr