Mesin cetak atau printer tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari, dari pengguna individu hingga kantoran, jelas memerlukan printer untuk mencetak file atau gambar yang diperlukan untuk melengkapi tugas atau pekerjaan. Karenanya kebutuhan akan tinta dan toner sangat diperlukan terutama bagi mereka yang memiliki operasional bisnis untuk mencetak dokumen lebih banyak.

Di tengah tekanan biaya yang terus bertambah, kita seringkali melakukan penghematan pada setiap sisi pengeluaran. Salah satu bentuk penghematan yang sering dilakukan adalah misalnya, dengan melakukan pembelian suku cadang second-line atau produk yang tidak asli, terutama saat terjadi kerusakan pada suku cadang barang yang kita miliki, entah itu untuk mobil, sepeda motor, AC, ponsel, dan lain-lain.

Berikut beberapa mitos yang dipercayai banyak orang dan fakta yang sesungguhnya terjadi :

Toner Isi Ulang
Mitos 1 : Toner isi ulang sama bagusnya dengan Toner asli HP
Fakta : 1 dari 2 Toner isi ulang bermasalah. Toner asli HP 100% bebas masalah*.

Mitos 2 : Hasil cetak Toner isi ulang sama banyak dengan Toner HP original
Fakta : 1 dari 3 hasil cetak menggunakan Toner isi ulang hasilnya tidak konsisten. Hasil cetak Toner Original HP bagus dengan kualitas yang konsisten*.

Mitos 3 : Kualitas cetak Toner isi ulang konsisten sama seperti Toner HP Original
Fakta : Hasil tes Toner isi ulang bermasalah pada proses pemanasan toner, sehingga kualitas hasil cetak lebih rendah dibandingkan Toner HP Original. 66% pengguna Toner isi ulang saat disurvei menyatakan bahwa pemakaian Toner isi ulang bermasalah dan tidak menghasilkan cetakan yang konsisten*.

Mitos 4 : Dengan menggunakan Toner isi ulang Anda akan berhemat
Fakta : Penggunaan Toner isi ulang dapat mengakibatkan konsumen membayar 4x lebih mahal daripada menggunakan Toner HP Original

Mitos 5 : Penggunaan Toner isi ulang akan berdampak lebih baik bagi lingkungan
Fakta : 66% dari penggunaan Toner isi ulang akan terbuang ditempat sampah, sedangkan Toner HP Original dengan program PPP (Planet Partner Programme) akan di daur ulang menjadi toner yang baru.

Tinta Isi Ulang
Mitos 1 : Tinta isi ulang menghasilkan hasil cetak yang sama banyak dengan Tinta asli HP
Fakta : Menggunakan tinta isi ulang berarti berkurangnya jumlah kertas yang dapat Anda cetak.

Mitos 2 : Tinta isi ulang dapat diandalkan seperti Tinta asli HP
Fakta : Menggunakan tinta isi ulang berarti Anda akan sering mengganti banyak kartrid yang tidak dapat digunakan. Tinta original HP 100% dapat diandalkan.

Mitos 3 : Kualitas cetak Tinta isi ulang sama saja dengan Tinta asli HP
Fakta : Performa cetak yang tidak konsisten berarti banyaknya biaya cetak ulang. Hanya Tinta original HP yang saat di tes menghasilkan hasil cetak yang konsisten di setiap lembar.

Mitos 4 : Tinta isi ulang lebih baik untuk lingkungan
Fakta : 2 alasan mengapa Tinta isi ulang menyebabkan lebih banyak limbah dibanding Tinta Original HP:
– Tinta original menggunakan plastik daur ulang
– Tinta isi ulang biasanya berakhir di pembuangan sampah

Mitos 5 : Tinta isi ulang tidak akan merusak printer
Fakta : Penggunaan tinta isi ulang akan merusak printer Anda, dan memberikan biaya untuk perbaikan printer. Dengan Tinta Original HP kemungkinan printer Anda rusak lebih kecil dan printer Anda dilindungi garansi.

*Hasil test Spenserlab 2012

Calon pembeli dapat mengetahui perbedaan antara kartrid palsu dan asli HP melalui 3K, yakni Kocek, Kemasan dan Kualitas. Untuk kocek, pada tinta/toner asli maka Anda akan mendapatkan harga yang pasti dan biaya yang lebih murah untuk jangka panjang. Sedangkan jika Anda mendapatkan kualitas cetak buruk dan angka kegagalan cetak yang tinggi menunjukkan Anda telah menggunakan toner/tinta palsu. Anda juga bisa mengeceknya melalui kemasan,yakni dengan mencek segel keamanan asli HP. Kemasan yang terlihat seperti telah dibuka dapat menjadi indikasi tinta/toner palsu.

Anda juga bisa mengecek keaslian toner dengan sistem keamanan 3 lapis HP. Pertama, Anda bisa memeriksa keaslian toner tersebut dengan memindai kode QR code menggunakan smartphone Anda. Kedua, cek lah gambar hologram asli HP dengan memiringkan segel keamanan untuk melihat hologram yang asli. Dan ketiga, kunjungi www.hp.com/go/ok, lalu masukkan nomor seri pada label untuk mencek keasliannya. Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.