Gadget baru diciptakan untuk membantu banyak orang menyelesaikan masalah dengan lebih efisien. Diakui atau tidak, perkembangan teknologi gadget mengubah gaya hidup banyak orang di seluruh dunia. Dampaknya mengena tidak terkecuali baik orang pintar atau bodoh, baik orang kaya atau miskin, baik orang tua atau orang muda. Cepatnya perkembangan teknologi ini tidak disertai dengan cepatnya pembelajaran budaya pemanfaatan teknologi gadget yang sehat.

Hal itulah yang memunculkan banyak sekali perilaku menyebalkan bahkan mebahayakan nyawa dalam pemanfaatan gadget di masyarakat tidak hanya di Indonesia melainkan juga terjadi di seluruh dunia. Berikut 5 di antara banyak perilaku menyebalkan para pengguna gadget :

1) Foto-foto konser menggunakan tablet
Penonton konser yang memotret dengan menggunakan tablet berukuran antara 7 hingga 10-Inch sering dikeluhkan banyak orang cukup besar untuk mengganggu pemandangan penonton konser di belakangnya. Jika ingin memotret konser, lakukanlah dengan ponsel dengan ukuran maximal 4 atau 5-Inch yang relatif tidak menghalangi pemandangan penonton konser di belakang.

2) Utak-atik gadget saat nonton film di bioskop
Semua penonton masuk ke bioskop dengan 1 tujuan, menonton film (Oke, tolong abaikan dulu fakta ada orang masuk ke bioskop untuk tidur atau berbuat mesum). Di ruangan bioskop yang gelap saat semua mata tertuju pada film di layar, mengutak-atik ponsel, tablet atau gadget lainnya yang relatif terang dapat membuat mata penonton lain yang berada di samping kiri, kanan dan belakang secara refleks teralihkan ke cahaya terang selain layar film.

3) Telepon/cek SMS saat sedang mengendarai mobil/sepeda motor
Mengendarai mobil atau sepeda motor sambil telepon atau cek SMS (Apalagi sambil main Farmville) telah terbukti bukan saja mengganggu tapi juga membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Peraturan yang melarang penggunaan ponsel/tablet saat mengemudi sudah ada, sanksi juga sudah sering sekali ditegakan namun pelanggaran juga masih sering terjadi dengan dalih sedang melakukan percakapan telepon/SMS penting sambil mengemudi. Jika perlu melakukan percakapan telepon/SMS penting, pengemudi selayaknyalah menghentikan sementara kendaraan yang dikemudikannya di bahu jalan.

4) Sibuk sendiri dengan gadget saat acara kumpul dengan keluarga/teman/pacar
Kata-kata bijak yang berbunyi,”Gadget mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” tepat untuk menggambarkan perilaku yang satu ini. Momen berkumpul dengan keluarga, teman atau pacar seharusnya bisa kita manfaatkan sebaik mungkin untuk asyik ngobrol, ketawa bareng dan melakukan aktivitas seru bersama dengan mereka. Kita tidak akan tahu berapa lama lagi kita bisa mendapatkan momen membahagiakan yang bagi sebagian orang hanyalah tinggal kenangan itu.

5) Memuji-muji suatu merek/platform gadget sambil menjelekan merek/platform pesaingnya
Seperti agama dan klub sepak bola favorit, memuji merek atau platform gadget favorit sambil menjelekan merek atau platform gadget lainnya sering berujung dengan debat penuh emosi tanpa ujung. Sikap dangkal seperti ini terjadi karena si pelaku merasa cukup mengerti dengan merek atau platform favoritnya tanpa mengenal baik latar belakang industri gadget yang ada saat ini. Lebih jauh mengenai hal ini, GadgetGaul sudah pernah ulas lengkap pada artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.