Internet sekarang ini sudah seperti kebutuhan mayoritas banyak orang, tidak hanya untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan saja. Internet pun tanpa mungkin Gadgeteers sadari membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mengingatkan jadwal, menyimpan data atau file, dan lain sebagainya.

Nah, kendati begitu ada beberapa hal yang mungkin dipercaya oleh banyak orang tetapi sebenarnya hal tersebut tidak benar-benar berpengaruh bagi akses internet Gadgeteers sendiri. Apa saja kah itu?

1. Software Dapat Meningkatkan Kecepatan Internet

mempercepat-koneksipro.co.id

Pernah melihat iklan-iklan software yang dalam ‘hasutan’nya membuat kecepatan internet penggunanya menjadi cepat? Jangan dulu terbuai oleh kecepatan internet cepat, pasalnya hal itu bisa saja tidak benar. Mengapa? Pasalnya dengan menambahkan software tidak jelas tersebut, yang ada malah membuat perangkat yang Gadgeteers gunakan menjadi rentan oleh malware lho, jadi tetap hati-hati ya!

2. Kecepatan Internet Bertambah Dengan DNS Flush

flush1cloudfront.net

Ada yang pernah mendengar DNS Flush? Konon DNS Flush sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan internet, tetapi kenyataannya hal tersebut tidaklah benar. Dengan Gadgeteers membuka CMD atau Command lalu melakukan perintah CMD ipconfig /flushdns itu sebenarnya bukan untuk menambah kecepatan internet, tetapi hanya untuk melakukan pembersihan cache sehingga kalau dilakukan, dapat beresiko koneksi internet menjadi melambat.

3. Semua Website Memiliki Kecepatan yang Sama

Social network homepage on a monitor screen.timedotcom.com

Apabila Gadgeteers percaya bahwa kecepatan internet hanya dipengahuri oleh provider penyedianya saja, maka statement tersebut pastilah salah. Mengapa? Karena sebenarnya website yang Gadgeteers tuju juga mempengaruhi seberapa cepat seseorang dapat mengakses internet lho. Seperti contohnya ketika Gadgeteers membuka situs lokal luar negeri yang cukup sulit diakses dari Tanah Air, biasanya hal tersebut akan mengurangi kecepatan dari jalan akses-nya sendiri.

4. Kecepatan Internet Tidak Dipengaruhi Perangkat

Perangkatreviewkomputer.com

Masih ada yang berpendapat bahwa semua kecepatan internet itu sama saja di berbagai perangkat? Itu sebenarnya salah! Mengapa? Ketika Gadgeteers menggunakan perangkat yang tebaru, maka dalaman dari perangkat nya itu pun diterapkan teknologi baru yang memungkinkan sinyal internet (bila menggunakan Wifi) atau akses ke internet-nya lebih mudah. Sebuah kepercumaan apabila ternyata Gadgeteers sudah didukung oleh provider atau broadband internet yang mumpuni tetapi perangkatnya tidak mendukung kecepatan internet tinggi, sehingga yang ada malah membuat internetnya tetap melambat.

5. Mematikan Kecepatan Internet dengan Menonaktifkan IPv6

US-Government-using-IPv6ipv6.com

Ada yang bilang kalau mematikan IPv6 dapat menambah kecepatan koneksi internet seseorang. Hal itu ternyata tidak benar lho! Kecepatan internet Gadgeteers tidak dipengaruhi oleh IPv6 dan tanpa mematikannya pun pengguna masih tetap melakukan jelajah internet dengan kecepatan cepat. Malah konon, pemerintah Amerika Serikat memanfaatkan IPv6 lho. Hayo, masih percaya kalau mematikan IPv6 itu mempercepat koneksi internet Gadgeteers?

featured image via siteponsel.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com