7 Maret 2012 Pk 10 pagi waktu San Fransisco atau 8 Maret 2012 Pk 1 pagi waktu Indonesia Barat, Apple meluncurkan iPad baru yang merupakan generasi ke-3.  CEO Apple baru, Tim Cook hadir dan memberikan presentasi pembukaan dan penutupan pada acara peluncuran iPad baru ini. Berbagai gossip dan spekulasi mengenai fitur pada iPad generasi ke-3 ini sudah hadir sejak beberapa bulan sebelumnya. Namun hari ini jelas sudah, inilah 5 fitur penting pada iPad generasi ke-3 :

1)      Retina Display

Retina Display VS HDTV - GadgetGaul

Retina Display VS HDTV - GadgetGaul

Resolusi layar yang sangat tinggi yang memungkinkan gambar untuk diperbesar tanpa menjadi terlihat pecah oleh mata manusia. Resolusi retina display pada iPad generasi ke-3 adalah 2.048 x 1.536 atau lebih tinggi dari resolusi TV full HD 1080p (1.920 x 1080) yang memiliki ukuran layar jauh lebih besar dari iPad.

2)      Processor Apple A5X

Processor Apple A5X untuk iPad 3

Processor baru Apple ini diklaim memiliki performa 2x lebih baik dari processor Apple A5 yang ditanamkan pada iPad 2 dan 4x lebih baik dibandingkan dengan nVidia Tegra 3 yang banyak digunakan oleh tablet berbasis Android. Processor Apple A5X ini juga dilengkapi dengan quad-core chip grafis untuk mendukung retina display dan paduan pas antara performa grafis terbaik yang pernah ada pada sebuah tablet dengan penghematan konsumsi batere.

3)      Kamera Belakang 5 Megapixel

iSight iPad 3 Camera GadgetGaul

iSight iPad 3 Camera GadgetGaul

Teknologi optik pada kamera belakang beresolusi 5 Megapixel  pada iPad generasi ke-3 ini menggunakan teknologi optik yang sama dengan kamera pada iPhone 4S. Kamera merupakan lompatan yang cukup besar pada iPad mengingat pada generasi sebelumnya, resolusi kamera belakang iPad 2 hanya sekitar 0.7 Megapixel.  Kamera ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video full HD 1080p dan dilengkapi dengan image stabilizer yang banyak membantu menstabilkan hasil rekaman video yang diambil tanpa alat bantu seperti tripod.

4)      Voice Dictation

Dictation on iPad - GadgetGaul

Dictation on iPad - GadgetGaul

Fitur voice dictation ini sebelumnya banyak digossipkan orang sebagai SIRI dan ternyata bukan. Voice dictation membantu pengguna iPad untuk menuliskan sesuatu di iPad cukup hanya dengan berbicara tanpa harus mengetik. Fitur ini tentu sangat membantu para penyandang cacat yang tidak memiliki tangan agar tetap dapat menulis email atau artikel di iPad.

5)      4G / LTE & Personal Hotspot

4G / LTE on iPad - GadgetGaul

4G / LTE on iPad - GadgetGaul

Koneksi internet seluler tercepat yang ada di muka bumi saat ini. Secara teori memiliki kecepatan hingga 73 Mbps. Sebagai informasi kecepatan internet seluler tercepat di Indonesia, meski belum menyeluruh dan hanya di sebagian kecil tempat, adalah CDMA EVDO Rev. B yang secara teori memiliki kecepatan hingga 14.4 Mbps. Jangan khawatir, pengguna jaringan 3G seperti HSPA, HSPA+ dan DC-HSDPA tetap mampu digunakan pada iPad generasi ke-3 ini. Dan menariknya pada generasi ke-3, sudah secara resmi dapat digunakan sebagai personal hotspot untuk tethering koneksi internet hingga 5 alat lain seperti MacBook Air, iPod Touch atau iPad lainnya.

Dengan ke-5 fitur menarik pada iPad generasi ke-3 ini, apakah kamu tertarik untuk membelinya? Jawab di kolom komentar di bawah ini ya =)Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.