Samsung merupakan merek smartphone terlaris saat ini. Beberapa hari yang lalu, media massa memberitakan bahwa Samsung Galaxy S4 terjual sebanyak 10 juta unit setelah satu bulan diluncurkan. Bahkan, Samsung merajai penjualan smartphone pada kuartal pertama tahun 2013 dengan penjualan sebesar US$ 23.63 miliar, mengalahkan Apple yang menduduki peringat teratas di kuartal sebelumnya. Apple membukukan penjualan sebesar US$ 22.95 miliar di kuartal pertama tahun 2013.

Keberhasilan Samsung tersebut juga dapat kita lihat di Indonesia. Jika kita bepergian ke mall atau ke tempat wisata saat ini, banyak sekali orang yang menggunakan smartphone Samsung. Nah, apa saja yang membuat Samsung dapat merajai pasar Indonesia yang sebelumnya dipegang oleh BlackBerry dan Nokia? Mari kita simak di bawah ini.

1. Marketing yang mengerilya
Pepatah mengatakan “ujung tombak dari sebuah perusahaan adalah tim marketingnya”. Sepertinya pepatah ini sangat dipegang erat oleh Samsung. Kita lihat saja, bertebaran iklan produk smartphone maupun tablet Samsung di media cetak maupun elektronik. Di jalanan pun dengan mudah kita dapat menemukan baliho Samsung. Tidak hanya sampai disitu, Samsung pun juga bergerilya di ranah media sosial. Mereka menggunakan beberapa buzzer di Twitter, seperti artis atau tokoh terkenal lainnya.

2. Jaringan service center yang luas
Smartphone Samsung kamu rusak? Tidak perlu khawatir! Kamu bisa langsung pergi ke Samsung Service Center (SSC). SSC ada di setiap kota besar di Indonesia. Bahkan di Jakarta sendiri, SSC ini bertebaran di setiap sudut kota. Pelayanan dari SSC pun dapat dibilang cukup baik dan memuaskan. Walau terkadang kita harus menunggu sedikit lama, tergantung dari kerusakan smartphone kita ataupun memang sedang banyak pelanggan yang komplain.

3. Harga jual kembali yang cukup tinggi
Masih ingatkan ketika 5 tahun yang lalu ketika kita ingin menjual handphone, Nokia adalah merek yang banyak dicari-cari orang sehingga harga jual kembalinya tidak terlalu jatuh. Dan pasar pun berbicara hal yang sama dengan Samsung. Tingginya permintaan dari konsumen membuat harga jual kembali smartphone Samsung cukup tinggi dan bahkan cenderung stabil.

4. Line-up produk yang beragam
Samsung memiliki line-up produk smartphone yang paling beragam diantara merk lainnya yang ada di Indonesia. Kita dapat menjumpai produk Samsung dari varian low-end seperti Galaxy Young hingga varian high-end seperti Galaxy S4. Banyaknya pilihan produk membuat masyarakat dapat memilih produk mana yang cocok untuk mereka. Walaupun tidak jarang banyaknya varian tersebut membuat masyarakat bingung untuk menentukan pilihannya.

5. Unlocked bootloader dan custom rom yang bertebaran
Mungkin pengguna casual tidak terlalu memikirkan hal yang satu ini. Namun bagi para oprekers Android, ketersediaan custom rom adalah salah satu pertimbangan ketika mereka ingin membeli smartphone. Bisa kita lihat di forum seperti xda-developers.com, hampir semua line-up Samsung memiliki custom rom yang cukup banyak. Hal ini dipengaruhi oleh kebijakan Samsung yang membuat smartphonenya dalam status unlocked bootloader, sehingga para pengembang dari custom rom tersebut dapat lebih mudah untuk membuat custom rom yang bagus.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr