Jika kamu merasa baterai gadgetmu boros, kamu tidak sendiri. Ratusan ribu kalau bukan jutaan pengguna gadget lain di luar sana juga merasakan hal yang sama. Banyak tips hemat baterai yang sudah kamu baca dan lakukan tapi sudah cukupkah baterai gadgetmu untuk aktivitas sehari penuh? Jika belum, inilah 5 cara agar gadgetmu tidak kehabisan baterai saat kamu beraktivitas seharian :

1)      Charge Penuh Sebelum Berangkat Beraktivitas

Hal pertama yang harus dilakukan setelah bangun tidur adalah charge semua gadgetmu dan biarkan mereka tetap dicharge selagi kamu sarapan, mandi dan siap-siap berangkat kerja/kuliah.

2)      Matikan / Kurangi Fitur yang Tidak atau Jarang Digunakan

Pastikan GPS, Bluetooth dan WiFi  hanya menyala saat digunakan saja. Kurangi tingkat kecerahan layar serendah mungkin yang masih nyaman di matamu. Hindari penggunaan wallpaper atau screen saver beranimasi karena mereka akan mengkonsumsi baterai lebih banyak dibandingkan dengan gambar biasa. Dan gunakan mode 3G hanya jika kamu perlu koneksi internet lebih cepat, selebihnya gunakan mode 2G.

3)      Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai membantu kamu untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang mengkonsumsi baterai dan berapa banyak serta mempermudahmu untuk melakukan tips no. 2 tadi.

Apple : Carat
Blackberry : Battery Booster
Android : Juice Defender
Windows Phone : Battery Saver
Symbian : Advanced Battery Saver

4)      Bawa Charger, Batere Cadangan dan/atau Power Bank

Jika kamu sudah melakukan ke-3 tips di atas tadi tapi masih juga kekurangan baterai, bawalah charger, batere cadangan dan/atau power bank.

Bawa charger memang paling murah karena ga perlu beli lagi namun kamu perlu usaha extra untuk menemukan colokan listrik. Batere cadangan lebih praktis dibandingkan dengan charger namun kamu harus keluar uang lagi untuk membelinya.

Untuk pengguna gadget Apple (iPhone, iPad dan iPod Touch), power bank yang sekalipun merupakan pilihan termahal di antara ketiga pilihan  namun tetap jadi pilihan favorit mengingat baterai gadget mereka tidak dapat dicopot. Power bank juga sering kali jadi pilihan pengguna gadget non Apple yang menginginkan kepraktisan dengan cukup bawa 1 power bank sebagai baterai untuk semua gadgetnya.

5)      Pinjam Gadget Teman

Udah melakukan ke-4 cara di atas tapi tetap kehabisan batere juga? Keterlaluan sekali! Saat baterai gadgetmu hampir habis, pinjam dan gunakan gadget teman. Oh iya, ingat log out akunmu setelah selesai menggunakannya jika tidak ingin jadi korban “pembajakan” akun oleh temanmu sendiri dan jangan lupa mengucapkan terima kasih disertai senyuman kepadanya. Kamu tidak akan tahu jika senyumanmu adalah satu-satunya senyuman termanis yang ia terima di hari itu.

featured image via tickld.comArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.