Kehadiran ransomware WannaCry telah membuat para pengguna komputer di seluruh dunia sadar jika mereka tidak bisa lepas dari ancaman serangan cyber. Jika sebelumnya @GadgetGaul telah memberikan langkah-langkah untuk mencegah ransomware WannaCry, kali ini @GadgetGaul akan membahas sejumlah aplikasi yang bisa melawan ransomware pada umumnya untuk melindungi perangkat elektronik Gadgeteers. 

1. BitDefender Antivirus 2017

Bitdefender Antivirus

Antivirus yang sudah memiliki nama besar selama bertahun-tahun ini akan melindungi data dari ancaman ransomware secara proaktif dengan mencegah semua akses selain dari administrator ke berbagai data yang ada di dalam komputer Gadgeteers. Beberapa sumber juga mengatakan jika komputer yang menggunakan BitDefender Antivirus 2017 tidak ada yang terkena serangan WannaCry.

2. Trend Micro Antivirus+ Security 2017

Trend Micro Antivirus+

Selain melindungi email dari scam atau penipuan, antivirus ini juga mampu melakukan pemblokiran pada situs-situs berbahaya dan melindungi komputer Gadgeteers dari ransomware dengan cara mencegah modifikasi folder dan proses enkripsi yang umumnya dilakukan oleh ransomware untuk memeras korban.

3. Malwarebytes Anti-Ransomware Beta

Malwarebyte

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk mengatasi ransomware berbahaya dengan cara melakukan pengawasan aktivitas pada komputer, untuk mendeteksi apakah ada pergerakan ransomware di dalamnya. Jika ada ransomware yang terdeteksi, aplikasi akan langsung melakukan blokir dan karantina sebelum komputer Gadgeteers terkena dampaknya.

4. Cybereason RansomFree

Cybereason

RansomFree merupakan aplikasi pembunuh ransomware yang dikembangkan oleh sebuah kelompok yang terdiri dari para mantan ahli keamanan militer. Cybereason bekerja dengan menganalisis perilaku dan karakteristik setiap program apakah program tersebut merupakan ransomware atau bukan.

5. ,HitmanPro.Alert

HitmanPro

Aplikasi ini bisa mendeteksi malware yang bahkan tidak bisa terdeteksi oleh antivirus lain yang sejenis dan memberikan perlindungan pada komputer dari berbagai ransomware. Selain bisa menganalisis perilaku ransomware, HitmanPro juga mampu mengembalikan sejumlah file yang telah terkena ransomware tadi.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.