Di acara konferensi developer tahunan Facebook yang disebut “Facebook F8 2017” pada 18-19 April kemarin, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana panjang mereka untuk 10 tahun ke depan. Mark yakin jika tren penggunaan smartphone akan mulai usang dan pengguna akan mulai beralih ke platform virtual reality dan augmented reality.

Untuk mencapai tujuan mereka, Mark pun menjelaskan 5 hal yang akan menjadi fokus Facebook untuk 10 tahun ke depan.

Facebook Spaces

Facebook Spaces adalah layanan ambisius Facebook yang bertujuan untuk menggabungkan interaksi sosial dengan lingkungan 3D melalui teknologi VR. Konsep media sosial VR ini terdengar menarik karena para penggunanya bisa membuat sebuah tempat “nongkrong” di dunia VR menggunakan headset Oculus Rift dan Oculus Touch.

Facebook F8

Facebook Camera sebagai Platform AR

Sebagai bagian dari Facebook F8 2017, Facebook meluncurkan “Camera Effects Platform” yang menawarkan cara baru bagi para pengembang untuk menambahkan efek AR ke kamera Facebook. Di dalam platform tersebut terdapat tool Frame Studio yang memungkinkan pengembang membuat frame untuk foto-foto yang diambil dengan kamera Facebook dan AR Studio yang bisa digunakan untuk menciptakan efek AR seperti frame animasi, masker, dan banyak lagi.

Facebook F8

Facebook Messenger Platform 2.0

Mark memperkenalkan beberapa fitur baru bagi aplikasi chatting yang digunakan oleh 1.2 miliar orang setiap bulannya ini, seperti Ekstensi Chat yang memungkinkan pengguna untuk menghadirkan bot ke dalam percakapan dan berkolaborasi dalam membuat daftar belanja, memesan makanan, membagi pembayaran, berbagi music, dan banyak lagi. Mark juga memperkenalkan fitur-fitur lain yang berfokus pada bot dan kamera Messenger, seperti fitur Discover, kode parametrik, Hand-over Protocol, dan lainnya.

Facebook F8

M Digital Assistant yang lebih cerdas

Asisten di dalam aplikasi Messenger ini dibekali kecerdasan buatan untuk mengenali orang-orang dan tugas-tugas dalam percakapan agar bisa membuat rekomendasi cerdas berdasarkan konteks tertentu.

Facebook F8

‘Smart Replies’ Bot Bisnis yang lebih baik

Menurut data Facebook, lebih dari dua miliar percakapan terjadi antara pengguna dan bot bisnis di Messenger dalam satu bulan. Facebook pun berusaha untuk membuat bot ini semakin pintar dari hari ke hari, termasuk memperkenalkan Smart Replies yang memungkinkan Pages untuk menjawab pertanyaan yang pealing sering ditanyakan dengan menggunakan bot.

Facebook F8

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Seorang penggila teknologi yang menyukai 3D modelling dan motion graphic, diselingi dengan menulis dan membuat video.