Bulan Ramadhan telah tiba! Bangun lebih awal di pagi hari untuk melaksanakan makan sahur, pulang dari sekolah/kantor lebih cepat untuk mengejar waktu berbuka puasa, dan melaksanakan sholat tarawih pada malam hari. Hal tersebut terus dilakukan oleh kita yang Muslim setiap Ramadhan tiba. Menahan lapar dan haus, serta emosi diwajibkan agar kita dapat terlahir kembali seperti bayi yang suci di Hari Raya.

Semakin canggih elektronik di suatu zaman, maka semakin canggih pula cara orang melaksanakan ibadah puasa. Jika dahulu kita ingat sulitnya menahan lapar dan haus ketika siang hari yang gerah, sekarang kita bisa bermain dengan gadget kita sehingga lupa akan rasa lapar dan haus. Ketika dulu, orang-orang beramai-ramai keliling komplek untuk membangunkan sahur, sekarang cukup via telepon, sms, ataupun aplikasi messenger.

Nah, apa saja sih yang biasa dilakukan orang-orang dengan gadget-nya ketika sedang bulan Ramadhan? Penulis sudah merangkum beberapa diantaranya:

1. Mengunduh aplikasi reminder waktu sholat
Mungkin ada beberapa gadgeteers yang sudah menggunakan aplikasi ini sebelum bulan Ramadhan. Namun, banyak juga orang yang baru saja mengunduhnya ketika bulan suci tersebut tiba. Aplikasi reminder waktu sholat ini selain dapat mengingatkan jadwal sholat wajib, kita juga dapat melihat jadwal sholat untuk beberapa hari ke depan.

jadwalsholat

2. Mengunduh Al-Qur’an digital
Semua orang berlomba-lomba untuk beribadah kapan saja dan di mana saja ketika bulan suci Ramadhan. Al-Qur’an digital kini mulai populer digunakan karena kepraktisannya. Di perjalanan ataupun ketika sedang istirahat? Dengan ini kita dapat membaca Al-Qur’an dengan mudah melalui gadget kita.

iquran

3) Menggunakan alarm untuk bangun sahur
Jika dulu kita mengandalkan orang lain untuk membangunkan kita sahur, kini dengan fungsi alarm yang ada di gadget, kita dapat bangun sahur tanpa harus mengandalkan orang lain. Asalkan ketika alarm sudah berbunyi kita tidak menekan tombol snooze saja ya, gadgeteers.

alarm sahur

4) Berlangganan sms premium kultum
Kultum atau kuliah tujuh menit sebelum waktu berbuka puasa adalah sebuah kebiasaan yang ada di bulan Ramadhan. Hampir semua stasiun televisi menanyangkan program ini. Tidak mau ketinggalan, beberapa operator telepon selular juga mengadakan layanan kultum melalui sms premium. Jika sudah berlangganan, kita akan dikirimkan sms setiap harinya pada saat menjelang waktu berbuka puasa yang berisikan doa-doa, ceramah singkat, ataupun cerita dari Nabi dan Rasul.

 Gambar via play.google.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr