Penulis menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada seluruh korban bencana alam yang belakangan ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara, banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara, serta banjir tahunan yang melanda ibu kota Jakarta. Bencana ini tentunya telah merugikan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat masyarakat tidak lagi pasrah ketika bencana alam tiba.

Masyarakat dapat memanfaatkan gadget yang mereka miliki sebagai sarana mencari informasi mengenai bencana yang terjadi. Berikut adalah 3 manfaat gadget saat terjadinya bencana alam:

1. Gunakan kamera smartphone untuk menangkap momen penting

229260_gunung-sinabung-kembali-meletus-_663_382
Saat ini banyak masyarakat yang menggunakan smartphone dilengkapi dengan kamera yang cukup bagus. Manfaatkan kamera tersebut untuk menangkap momen-momen penting pada saat bencana alam terjadi. Misalnya, memotret keadaan gunung yang sedang meletus dan mengeluarkan asap tebal, atau mengambil kondisi sungai/daerah rumah Anda yang terkena banjir. Gambar-gambar tersebut berperan penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat luas sehingga masyarakat tahu apa yang sedang terjadi.

2. Bagikan dan cari informasi melalui media sosial

fl1
Setelah Anda mengumpulkan gambar, sebarkan gambar-gambar tersebut di media sosial yang Anda gunakan seperti Facebook, Twitter, Path, ataupun Instagram. Twitter mungkin lebih diutamakan mengingat basis pengguna yang cukup besar dan sifatnya real-time (masyarakat dapat mengakses linimasa kapan saja dan di mana saja). Jangan lupakan sertakan caption pada gambar yang Anda sebar, jelaskan secara singkat kejadian apa yang terjadi pada gambar tersebut.

Selain menyebarkan informasi, Anda juga dapat mencari informasi mengenai situasi di daerah-daerah yang terkena bencana. Hal ini dipraktekkan oleh banyak masyarakat saat ini, khususnya yang tinggal di Jakarta, untuk menyebarkan dan mencari informasi mengenai daerah-daerah mana saja yang terendam banjir.

3. Simpan nomor telepon darurat

175359
Salah satu hal penting namun sering dilupakan masyarakat, yakni menyimpan nomor telepon yang bisa dihubungi saat keadaan darurat bencana seperti nomor telepon tim SAR. Penulis menebak pasti mayoritas dari Gadgeteers tidak mengetahui nomor telepon bantuan tim SAR (walau tinggal Googling sih). Hal ini penting karena ketika bencana tiba-tiba datang, Anda bisa langsung menghubungi tim SAR untuk meminta bantuan dari mereka, seperti proses dan penyediaan tempat pengungsian, pengadaan makanan/minuman, ataupun tim medis untuk masyarakat yang sakit.

Bencana alam bisa datang secara tiba-tiba tanpa diundang. Akan tetapi sebagai generasi smart yang menggunakan smartphone, Anda saat ini harus dapat benar-benar memanfaatkan gadget yang Anda miliki untuk membantu sesama masyarakat yang terkena musibah. Dan ingat, selain smartphone Anda, siapkan juga power bank. Biasanya listrik akan padam ketika bencana alam terjadi dan Anda tidak bisa bergantung kepada listrik rumah Anda untuk mengisi daya baterai smartphone yang Anda miliki.

Gambar via uniqpost.com, terasjakarta.com, vivanews.com, metrotvnews.com, esubijono.wordpress.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr