Pada acara peluncuran Blackberry 10 kemarin, Research In Motion (RIM) telah mengganti nama perusahaan mereka menjadi sama dengan nama produk mereka, Blackberry dan kode saham mereka pun berubah dari RIMM jadi BBRY. GadgetGaul bertanya kepada para Gadgeteers di Twitter mengenai komentar mereka tentang Blackberry 10 dan inilah jawabannya :

 

 

 

Hehe.. Ternyata masih banyak yang menyangka peluncuran Blackberry 10 baru kali ini tidak ubahnya peluncuran perangkat Blackberry terdahulu yang hanya “menjual” Blackberry Messenger (BBM) sebagai daya tarik utamanya. Memang apa bedanya Blackberry 10 dengan Blackberry yang dulu?

1) Spesifikasi & Harga Baru
Meski hanya menggunakan prosesor 1.5GHz dual-core, kedua perangkat Blackberry 10 yang kemarin diumumkan telah dibekali dengan RAM sebesar 2GB, kapasitas penyimpanan internal sebesar 16GB, kamera belakang dengan resolusi 8MP yang ditemani dengan kamera depan 2MP dan menggunakan layar dengan resolusi tinggi yang memiliki tingkat kerapatan pixel lebih baik dibandingkan dengan layar retina display yang dimiliki oleh iPhone 5. Lompatan spesifikasi yang sangat jauh dibandingkan dengan spesifikasi Blackberry terbaik sebelumnya, Bold 9900 Dakota (1.2Ghz single core, 768MB RAM, penyimpanan internal 8GB dan kamera belakang 5MP tanpa kamera depan). Lompatan spesifikasi ini juga membawa Blackberry 10 untuk mampu bersaing dengan spesifikasi produsen ponsel dunia lainnya saat ini.

Kemarin Blackberry baru mengumumkan sebuah harga bundling Blackberry 10 dengan paket data operator seluler Amerika Serikat senilai US$199 (Rp1.9 jutaan) untuk jangka waktu 2 tahun. Penawaran harga ini tentu akan bervariasi untuk setiap operator seluler. Namun bocoran harga Blackberry 10 tanpa bundling dengan operator seluler di Indonesia yang kemarin GadgetGaul peroleh adalah mirip dengan harga Samsung Galaxy SIII saat peluncurannya di Indonesia beberapa bulan silam yakni Rp6.999.000. Bagaimana menurut Gadgeteers? Terlalu mahalkah dibandingkan dengan spesifikasinya yang telah mengalami peningkatan drastis tersebut? Mari kita lanjut melihat hal-hal menarik lainnya..

2) Sistem operasi (Platform) baru
Blackberry 10 menggunakan sistem operasi baru berbasis QNX yang berbeda dengan sistem operasi pada ponsel-ponsel Blackberry terdahulu. Platform QNX yang banyak digunakan untuk mengkontrol reaktor nuklir, mesin kasino dan permainan lampu di Las Vegas ini dikembangkan oleh perusahaan asal Kanada yang kemudian dibeli oleh Research In Motion (RIM) pada tahun 2010 silam. Sistem operasi tablet Blackberry Playbook dibangun berbasis platform QNX.

3) Blackberry Flow & Blackberry Peek
Dengan Blackberry Flow pada ponsel Blackberry Z10, pengguna tidak lagi perlu tombol fisik. Blackberry Flow memungkinkan kita untuk berpindah dari aplikasi yang satu ke lainnya hanya hanya dengan menyentuh dan menggeser. Sementara Blackberry Peek memungkinkan kita untuk mengintip aplikasi lain saat kita menjalankan suatu aplikasi lalu kembali ke aplikasi yang sedang kita jalankan tanpa terganggu. Lebih jelasnya mari kita saksikan video berikut :

4) Keyboard prediktif
Keyboard baru Blackberry 10 membuat banyak pengguna gadget lain iri. Keyboard ini mampu memprediksi kata apa yang akan kita ketik selanjutnya dengan menampilkan prediksi tersebut pada huruf awal kata sehingga kita hanya perlu sentuh lalu geser huruf di mana prediksi tersebut apabila tepat sesuai kata yang ingin kita ketik dan kita akan hemat waktu cukup banyak dibandingkan mengetik huruf per huruf. Untuk lebih jelasnya kita saksikan video berikut :

5) Kamera dengan Time Shift
Seberapa sering kita terpaksa harus mengulang memotret teman atau keluarga hanya karena mereka terpotret pada saat mata mereka berkedip atau mereka berhenti tersenyum untuk sekian detik? Dengan fitur Time Shift di kamera Blackberry 10, kita tidak perlu memotret ulang. Kita hanya perlu menyentuh foto muka orang yang berkedip atau hilang senyum tersebut lalu menggeser sebuah kurva setengah lingkaran untuk menentukan penampilan terbaik foto tersebut lalu save. Tonton video berikut untuk lebih jelasnya :

6) BBM Video Chat dengan Screen Share
Bulan lalu Blackberry (Dahulu RIM) merilis fitur BBM Voice untuk pengguna ponsel Blackberry OS 7. Di Blackberry 10, pengguna dapat menggunakan BBM untuk video chat dengan sesama pengguna ponsel Blackberry 10 baik melalui jaringan WiFi atau seluler. Sementara fitur Screen Share berguna untuk memperlihatkan foto atau tampilan peramban atau untuk mempelajari dokumen bisnis bersama-sama.

7) Blackberry Story Maker
Pengguna ponsel Blackberry 10 yang awam sekalipun dapat membuat video sederhana tapi cukup keren (setidaknya menurut kami) dari kumpulan foto dan video klip singkat dengan memasukan musik sebagai latar belakang lalu mengetik teks untuk judul kemudian memilih filter atau efek video seperti Instagram. Tonton video ini untuk mengenal Blackberry Story Maker lebih jelas :

8) Keyboard fisik tanpa trackpad
Salah satu dari 2 ponsel Blackberry 10 yang diluncurkan kemarin, Blackberry Q10 masih tetap mempertahankan tradisi ponsel Blackberry terdahulu dengan menggunakan keyboard QWERTY fisik. Menariknya keyboard QWERTY fisik pada Blackberry Q10 ini tidak lagi menggunakan trackpad seperti terdapat ponsel Blackberry sebelumnya. Dengan kecanggihan Blackberry Flow dan Peek pada layar sentuhnya, kami pikir sudah selayaknyalah Blackberry tidak menggunakan trackpad lagi pada keyboard QWERTY fisik ponselnya.

9) Online tanpa Blackberry Internet Service (BIS)
Selama ini pengguna Blackberry menggunakan layanan internet khusus yang terhubung dengan server RIM pusat di Kanada yang dikenal dengan nama Blackberry Internet Service (BIS). Layanan BIS dari RIM yang dibayar bulanan oleh pengguna pada beberapa tahun terakhir ini sempat beberapa kali menjadi sasaran komplain pengguna saat layanan BBM lambat atau bahkan terhenti sama sekali. Tanpa layanan BIS, ponsel Blackberry 10 akan menggunakan layanan internet yang sama dengan pengguna Android, iPhone dan Windows Phone.

10) Masa depan baru
Dalam 1-2 tahun terakhir, RIM tercatat mengalami penurunan pangsa pasar, pendapatan dan harga saham. Tak pelak pengurangan karyawan RIM di seluruh dunia dalam jumlah besar-besaran pun terjadi. Tidak sedikit orang yang menyarankan agar RIM menggunakan sistem operasi Android yang sukses menguasai pangsa pasar ponsel cerdas. Sempat beredar pula gosip yang mengatakan Samsung dan Lenovo akan membeli RIM meski pada akhirnya terbukti bahwa gosip tersebut tidak benar.

Kemarin Blackberry 10 akhirnya rilis. Banyak operator seluler dan media teknologi dunia menyukainya. Kami optimis Blackberry 10 akan melahirkan kembali Blackberry untuk memulai petualangan baru berkompetisi dengan platform ponsel cerdas kelas dunia lainnya Android, iOS dan Windows Phone yang telah lebih dulu menguasai pasar. WhatsApp yang sebelumnya menyatakan tidak akan hadir di Blackberry 10 ternyata berubah pikiran. Sebuah media teknologi dunia juga menulis kabar bahwa saat ini Blackberry kini tengah dalam tahap negosiasi untuk menghadirkan Instagram di Blackberry 10. Menarik bukan? =)

Bagaimana menurutmu, Gadgeteers?Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.